Jumat, 26 Desember 2014

Tulisan 13 ( JAVA )

JAVA



Dalam Bahasa Pemrograman Open Source. Java sedang banyak di pelajari oleh banyak orang karena java memiliki konsep yang sangat kuat dan mengacu pada oop (obyek oriented programming). Untuk lebih mengenal dengan Bahasa Pemrograman Java kita pelajari terlebih dahulu Sejarah Bahasa Pemrograman Java.
Sejarah bahasa pemrograman java di mulai pada tahun 1991. Sekelompok insinyur Sun di pimpin oleh Patrick Naughton dan James Gosling yang mempunyai tujuan untuk merancang bahasa computer untuk perangkat consumer seperti cable tv box. Karena perangkat tersebut tidak memiliki banyak memori, bahasa harus berukuran kecil dan mengandung kode yang liat. Juga karena manufaktur – manufaktur berbeda memilihprocessor yang berbeda pula, maka bahasa harus bebas dari manufaktur manapun. Proyek diberi nama kode ”Green”.

Kebutuhan untuk fleksibilitas, kecil, liat dan kode yang netral terhadap platform mengantar tim mempelajari implementasi Pascal yang pernah dicoba. Niklaus Wirth, pencipta bahasa Pascal telah merancang bahasa portabel yang menghasilkan intermediate code untuk mesin hipotesis. Mesin ini sering disebut dengan mesin maya (virtual machine). Kode ini kemudian dapat digunakan di sembarang mesin yang memiliki interpreter. Proyek Green menggunakan mesin maya untuk mengatasi isu utama tentang netral terhadap arsitektur mesin.
Sejarah bahasa pemrograman java terbentuk karena orang – orang di proyek Green berbasis C++ dan bukan Pascal maka kebanyakan sintaks diambil dari C++, serta mengadopsi orientasi objek dan bukan prosedural. Mulanya bahasa yang diciptakan diberi nama ”Oak” oleh James Gosling yang mendapat inspirasi dari sebuah pohon yang berada pada seberang kantornya, namun dikarenakan nama Oak sendiri merupakan nama bahasa pemrograman yang telah ada sebelumnya, kemudian SUN menggantinya dengan Java. Nama Java sendiri terinspirasi pada saat mereka sedang menikmati secangkir kopi di sebuah kedai kopi yang kemudian dengan tidak sengaja salah satu dari mereka menyebutkan kata Java yang mengandung arti asal bijih kopi. 
Akhirnya mereka sepakat untuk memberikan nama bahasa pemrograman tersebut dengan nama Java.

Java adalah bahasa yang dapat dijalankan dimanapun dan di sembarang platform apapun, di beragam lingkngan : internet, intranets,consumer electronic products, dan computer applications.The java 2 platform tersedia dalam 3 edisi untuk keperluan berbeda. Untuk beragam aplikasi yang dibuat dengan bahasa Java, java dipaketkan dalam edis – edisi berikut :

1.Java 2 Standard Edition ( J2SE )
2.Java 2 Enterprise dition ( J2EE )
3.Java 2 Micro Edition ( J2ME )

Masing – masing edisi berisi Java 2 Software Development Kit ( J2SDK ) untuk mengembangkan aplikasi dan Java 2 Runtime Environent ( J2RE ) untuk menjalankan aplikasi.
Kelebihan Java di bandingkan dengan C++
Pembuat program java telah merancang java untuk menghilangkan pengalokasian dan dealokasi memori secara manual, karena java memiliki Garbage Collection
Diperkenalkannya deklarasi array yang sebenarnya dan menghilangkan aritmatika pointer. Hal ini yang sering menyebabkan memori overwrite.
Dihilangkannya multiple inheritance, mereka menggantinya dengan interface.
Versi awal Java ditahun 1996 sudah merupakan versi release sehingga dinamakan Java Versi 1.0. Java versi ini menyertakan banyak paket standar awal yang terus dikembangkan pada versi selanjutnya:

· java.lang: Peruntukan kelas elemen-elemen dasar
· java.io: Peruntukan kelas input dan output, termasuk penggunaan berkas
· java.util: Peruntukan kelas pelengkap seperti kelas struktur data dan kelas kelas penanggalan
· java.net: Peruntukan kelas TCP/IP, yang memungkinkan berkomunikasi dengan komputer lain menggunakan jaringan TCP/IP
· java.awt: Kelas dasar untuk aplikasi antarmuka dengan pengguna (GUI)
· java.applet: Kelas dasar aplikasi antar muka untuk diterapkan pada penjelajah web


sumber : http://martinsuryadarma.blogspot.com/search?updated-max=2014-11-20T11:13:00-08:00&max-results=7

Tidak ada komentar:

Posting Komentar